Rabu, 20 Desember 2017

KELEBIHAN LALAT yang menakjubkan



Lalat merupakan seranggga yang menjijikkan bagi setiap orang, karna ia hidup disekitar sampah, dan tempat-tempat yang berbau  busuk lainnya.

Namun serangga ini ternyata memiliki puluhan kesempurnaan yang membuat peneliti takjub terhadapnya, sebagiannya akan kita uraikan dibawah ini.

  1. Ketahanan badan dan sayapnya

Dalam setiap detik saat terbang, lalat mengepakkan sayapnya sekitar 500 kali. Jika ada mesin buatan manusia yang memiliki kecepatan luar biasa ini, mungkin akan segera rusak dan terbakar akibat gaya gesek yang ditimbulkannya. Artinya, tubuh lalat terbuat dari bahan khusus yang sangat prima, baik sayap maupun persendian otot, sehingga tidak mengalami keseleo atau patah saat terbang.

2. Pemandangan Panoramik dari Ribuan Lensa

Lensa-lensa berbentuk segi enam yang membentuk mata lalat memberikan bidang penglihatan yang jauh lebih besar daripada lensa biasa. Pada sebagian lalat, kadangkala terdapat hingga 5000 lensa. Di samping itu, struktur bulat mata juga memungkinkan lalat melihat ke belakang tubuh, dan dengan demikian memberinya keunggulan atas musuhnya.
Mata lalat memiliiki unit paling kompleks, masing-masing unit penglihatan mampu memdeteksi cahaya secara terpisah. Jika dilihat cahaya yang dipantulkan dari mata lalat membentuk pelangi.

3. Pompa penyerap pada lalat: Belalai

Ciri khas lalat lainnya adalah cara mereka mencerna makanan. Tidak seperti organisme hidup lain, lalat tidak mencerna makanan di dalam mulut, tetapi di luar tubuh mereka. Lalat menuangkan cairan khusus ke atas makanannya dengan belalai (prosbosis), mengubah kekentalan makanan tersebut agar sesuai untuk diserap. Kemudian, lalat menyerap makanan tersebut dengan pompa penyerap di kerongkongannya.

4. Kemampuan manuvernya yang hebat.

Teknologi terbang lalat memang sangat ajaib. Serangga ini dapat terbang ke arah mana saja tanpa takut terpengaruh oleh arah dan kecepatan angin. Dalam melakukan manuver, lalat bisa secara tiba-tiba mengubah arah ke segala penjuru tanpa mengurangi kecepatan. Sungguh, teknologi yang belum terjangkau oleh manusia.

5. Alat peraba yang efektif

Serangga ini memiliki rambut halus yang berfungsi sebagai pendeteksi objek yang disentuhnya.
Dapat bediri ditempat yang licin sekalipun
Kemampuan ini berasal dari bantalan lembut dan halus serta lengket di permukaan kakinya yang berfungsi seperti lem, karna itu lalat dapat berjalan di permukaan kaca secara vertikal.

6. Umur lalat yang singkat

Siklus hidup lalat hanya sampai sekitar 30 hari saja, namun sang betina dapat bertelur sebanyak 3000 butir yang menetas dalam waktu 14 hari.

8. Cara mengusir lalat
Cara ini banyak ditemui di warung-warung makan, yaitu dengan membungkus air putih dalam kantong plastik bening dan menggantungkannya diatas meja makan, hal ini  dikarenakan cahaya yang menembus air berpendar, sehingga hewan ini sulit fokus pada satu titik cahaya dan memilih pergi.

Itulah beberapa fakta unik tentang lalat, hewan kecil yang diberikan kemampuan luar biasa oleh Tuhan yang bisa jadi renungan buat kita semua.
Jangan lupa lihat Fakta unik tentang binatang lainnya di blog ini, selamat beraktifitas kembali

https://haedarrauf.wordpress.com/2015/10/02/1-lalat-binatang-menakjubkan-dalam-al-quran/
http://www.kopi-ireng.com/2016/04/fakta-dan-informasi-menarik-seputar-lalat.html?m=1

2 komentar:

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    BalasHapus
  2. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus