Rabu, 15 November 2017

6 Ikan dengan wajah paling mengerikan didunia

Ikan-ikan didunia sering membuat kita kagum baik karna warnanya yang indah, maupun karna rasanya yang nikmat. Namun kali ini kita akan membahas mengenai 6 ikan dengan wajah paling memngerikan di dunia.


1. Anglerfish


Ikan Anglerfish (monkfish, goosefish) merupakan salah satu jenis ikan predator yang hidup di kedalaman ratusan meter didasar laut. Ikan yang mempunyai nama lain Lophiiformes atau dalam bahasa indonesia ikan sungut ganda termasuk ikan petualang sejati.

Ikan ini dinamai anglerfish atau ikan pemancing karena mereka mempunyai cara menangkap mangsa buruannya dengan cara yang unik yakni, dengan memakai bagian badan yang menonjol keluar dari kepala yang mirip seperti kail pancing atau antena. Yang lebih unik, bagian tersebut mengeluarkan cahaya sinar yang berasal dari jutaan bakteri yang melekat.

Monster laut ini mempunyai reaksi yang cepat apabila ada mangsa yang ada didepannya dan mampu memangsa buruan yang lebih besar dari ukuran tubuhnya.

Ikan ini dapat kita temukan di kedalaman 3.300 sampai 6.600 kaki dibawah permukaan laut dan panjang ikan ini bisa mencapai hingga 2 kaki. Daerah penyebaran ikan ini dapat ditemui di Samudra Arktik, Pasifik, Hindia, Atlantik dan Laut Mediterania.


2. Goliath tigerfish

Ikan ini merupakan keluarga terbesar ikan tigerfish
Ikan yang kebanyakan hidup di danau upemba, sungai kongo dan sungail lualaba di afrika ini dapat menangkap mangsa yang seukuran tubuh dengannya

Goliath tigerfish menyukai perairan yang bergolak, di mana ikan-ikan lain berjuang melawan arus, membuat mereka rentan terhadap serangan.

Goliat memiliki penglihatan yang sangat baik dan kemampuan untuk merasakan getaran frekuensi rendah yang dipancarkan oleh mangsa. Ikan ini biasanya mengelilingi ikan lain yang kurang beruntung sebelum menerkamnya dengan kebrutalan piranha.

Goliath telah dikenal menerkam ikan lele seberat 27 kg dan benar-benar mengirisnya menjadi dua. Usia Goliat di alam liar, tidak diketahui pasti, tapi mereka bisa hidup 10 sampai 15 tahun di penangkaran.

Uniknya, ikan ini memiliki kantung berisi udara di tubuhnya yang berfungsi sebagai sound receiver. Alat ini mentransmisikan getaran dari air hingga memungkinkantigerfish mendeteksi akan adanya hewan di sekitar dan mengambil tindakan yang tepat.

Monster ini memiliki 32 gigi runcing yang membuatnya nyaris tanpa bibir.


3.VampireFish

Ikan raksasa berikutnya bernama Vampirefish,  ikan ini juga sering disebut ikan paraya. bentuk ikan ini memang mirip dengan piranha,
Namun anatomi gigi dari ikan Paraya ini jauh lebih berbahaya, sebab pada bagian bawah mulutnya terdapat taring gigi yang dapat mencapai  4 sampai 6 inci. Ukuran tubuhnya pun terbilang cukup besar, rata-rata bisa mencapai  1,17 m dengan berat  minimal 18 kg.

Ikan Payara menjadi salah satu predator paling menakutkan di Sungai Amazon, ia mampu melahap mangsanya meskipun ukuran tubuhnya sama dengannya.



4. Goblin shark

Ikan aneh ini sebenarnya berasal dari salahsatu ras hiu dunia. Hiu Goblin bisa mencapai ukuran tubuh lebih dari 1,26 meter. Tidak hanya wajahnya saja yang mengerikan, ikan ini juga memiliki tanduk runcing di kepalanya yang menonjol kedepan.

Menariknya, menurut penelitian, ‘tombak’ hiu Goblin dipakai untuk mendeteksi aliran listrik yang dibuat oleh mangsanya, yakni kepiting, cumi-cumi, dan udang kecil. Bisa dikatakan tombak itu berfungsi bagaikan sebuah detektor metal.

Perbedaan Hiu Goblin dengan  hiu kebanyakan yang mempunyai sisik keras, hiu Goblin mempunyai kulit yang cukup lembut berwarna merah muda.  Ikan Hiu Goblin tergolong sebagai hiu prasejarah karena diperkirakan keberadaannya sudah ada sejak 125 juta tahun silam.


5. Fangtooth

Ikan ini memiliki wajah mengerikan bagaikan mimpi buruk, dengan wajah bak tengkorak yang dihiasi gigi-gigi runcing, ikan ini hampir mirip dengan zombie hidup

Namun untungnya, sampai saat ini Fangtooth terbesar yang ditemukan ukurannya tak sampai 20 sentimeter. Ikan dengan tubuh bersisik bak duri ini juga hanya ditemukan di laut kedalaman 500-2000 meter, dengan batas cahaya yang gelap. Bisa dibayangkan jika saja ikan ini sebesar manusia, pasti tidak akan ada orang yang mau mendekatinya.


6. Hatchetfish

hatchetfish atau ikan kapak. Walaupun  sebenarnya wajahnya lebih mirip  hantu dibanding kapak, Mereka disebut ikan kapak karena tubuh sangatlah pipih pada bagian perut sehingga mirip mata kapak
Hewan mengerikan ini hidup pada laut dalam hingga kedalaman 1.500 m


Itulah 6 ikan dengan wajah paling mengerikan di dunia
Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, selamat beraktifitas kembali

Sumber :

http://www.mediamaya.net/ikan-anglerfish/
http://foto-flora-fauna.blogspot.co.id/2011/03/goliath-tigerfish-mbenga-ikan-buas-dari.html?m=1
http://www.kejadiananeh.com/2015/12/ikan-raksasa-berwajah-seram.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar