Senin, 20 November 2017

Makhluk misterius ini diduga dapat hidup abadi

Ubur-ubur Turritopsis nutricula


Secara ilmiah, makhluk ini dikenal sebagaiTurritopsis nutricula, yaitu sejenis ubur-ubur yang ditemukan di Laut Mediterania pada tahun 1883, tapi regenerasinya yang unik tidak diketahui hingga pertengahan 1990-an.

Para ilmuan telah mengamati kemampuan spesies ini—ketika dalam krisis—mengembalikan sel-sel ke bentuk awal mereka dan tumbuh lagi. Itu berarti, makhluk kecil berukuran panjang 4-5 milimeter ini, berpotensi memiliki hidup yang tak terbatas.

Spesies ini mampu kembali dari tahap seksual dewasa ke tahap larva. Umumnya, ubur-ubur akan mati setelah selesai bereproduksi, namun hal itu tidak terjadi padaTurritopsis nutricula. Setelah dewasa dan kawin, ubur-ubur tersebut dapat memutar ulang siklus biologisnya, meregenerasi seluruh sel tubuhnya, dan menjadi muda lagi. Proses regenerasi sel semacam ini disebut transdiferensiasi.


Transdiferensiasi berarti sel yang mencapai tahap tertentu dapat berubah menjadi sel lain yang lebih baru dan muda. Dalam proses reproduksinya, sperma dan sel telur ubur-ubur akan membentuk polyp yang kemudian akan menghasilkan organisme baru secara aseksual dengan cara membelah diri.

Regenerasi mereka hanya terjadi setelah pematangan seksual (ketika mereka telah menjadi medusa)

Karna itu, Turritopsis tetap dan bisa saja mati jika mereka terserang penyakit ketika masih dalam tahap polip, atau faktor eksternal lainnya seperti dimangsa predator, kerusakan lingkungan ekologis dll.

Ubu-ubur ini sudah mulai menyebar ke seluruh dunia sampai ke Amerika, Italia, dan Jepang.

http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/01/turritopsis-nutricula-ubur-ubur-yang-abadi
https://sains.me/2013/12/17/turritopsis-nutricula-ubur-ubur-yang-dapat-hidup-abadi/

1 komentar: